kali ini kami akan melakukan tracing dari flowchart yang ada.
Tracing adalah penjabaran dari tiap proses yang terjadi pada flowchart, dimana tracing berfungsi untuk mempermudah kita dalam membaca program atau flowchart itu sendiri.
Untuk mempersingkat postingan, langsung saja kami berikan sedikit contohnya.
Tracing Contoh Soal I.
Proses Tracing:
- Mulai
- Inisialisasi niali awal (Perahu, Dayung, Petani, Kambing, Anjing, Rumput, X, Y).
- Input masukkan kambing kedalam perahu bersama petani, sebrangkan dari X ke Y.
- Output Setibanya di sebrang, keluarkan kambing dari perahu lalu petani menyebrang dari Y ke X.
- Output Setelah sampai di tempat awal, masukkan rumput ke dalam perahu tanpa mengeluarkan petani lalu menyebrang dari X ke Y.
- Output Setibanya di sebrang, keluarkan rumput dari perahu lalu masukkan kambing dan kembali menyebrang bersama petani dari Y ke X.
- Output Setelah sampai di tempat awal, keluarkan kambing dari perahu kemudian masukkan anjing lalu sebrangkan bersama petani dari X ke Y.
- Output Setibanya di sebrang, keluarkan anjing dari perahu lalu si petani menyebrang dari Y ke X.
- Output Tiba di tempat awal, masukkan kambing kedalam perahu lalu menyebrang dari X ke Y. Output akhir, Setibanya di sebrang keluarkan kamibng bersama petani.
- Selesai.
Tracing Contoh Soal II.
Proses Tracing:
- Mulai
- Inisialisasi nilai awal (Perahu, Dayung, Gadis1, Gadis2, Gadis3, Penjahat1, Penjahat2, Penjahat3, X, Y).
- Input masukkan Gadis1 dan Penjahat1 kedalam perahu, sebrangkan dari X ke Y.
- Output Setibanya di sebrang, keluarkan Penjahat1 dari perahu lalu Gadis1 menyebrang dari Y ke X.
- Output Setelah sampai di tempat awal, keluarkan Gadis1, masukkan Penjahat2 dan Penjahat3 ke dalam perahu lalu menyebrang dari X ke Y.
- Output Setibanya di sebrang, keluarkan Penjahat2 dari perahu lalu menyebrang kembali dari Y ke X tanpa menurunkan Penjahat3.
- Output Setelah sampai di tempat awal, keluarkan Penjahat3 dari perahu kemudian masukkan Gadis1 dan Gadis2 lalu sebrangkan bersama dari X ke Y.
- Output Setibanya di sebrang, keluarkan Gadis1 dan masukkan Penjahat2 lalu menyebrang dari Y ke X.
- Output Tiba di tempat awal, keluarkan Penjahat2 dari perahu lalu masukkan Gadis3 lalu menyebrang dari X ke Y bersama Gadis2.
- Output akhir, Setibanya di sebrang keluarkan Gadis2 dan Gadis3 lalu masukkan Penjahat1 kedalam perahu dan sebrangkan dari Y ke X.
- Selesai.
Proses Tracing:
- Mulai
- Inisialisasi nilai awal (P, Q, R).
- Input P = 10, Q = 20, R = 30.
- Jika diminta nilai variabel P maka beri nlai variabel Q, Jika diminta nilai variabel Q maka beri nlai variabel R, Jika diminta nilai variabel R maka beri nlai variabel P. (P = Q, Q = R, R = P).
- Output P = 20, Q = 30, R = 10.
- Selesai.
Dari beberapa contoh tracing diatas, dapat kita lihat fungsi dari tracing.
apakah tracing sama seperti algoritma? apakah tracing itu seperti algoritma yang sudah ditentukan objeknya?
BalasHapus